Triatnawati, Atik and HerawatI, Isni and Sujarno, Sujarno and Sumarno, Sumarno and Wicaksono, Harto and Rafsanjani, M. Arif and Putri, Yulina Dwita (2012) Revitalisasi kesenian sintren di kota dan kabupaten Pekalongan. Balai Pelestarian Nilai Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-1727-12-6

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan kesenian daerah)
REVITALISASI KESENIAN SINTREN DI KOTA DAN KABUPATEN PEKALONGAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (121MB) | Preview

Abstract

Kesenian sintren terdapat di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan antara lain mengetahui sintren dulu dan kini; makna sintren serta bagaimana pelestarian dan pengembangannya khususnya yang dilakukan pemerintah. Penelitian dengan studi etnografi ini dilakukan selama bulan Oktober-November 2012 dengan wawancara terhadap pejabat pemda, Kepala Dinas Pariwisata, Kasubdin dan Kasie PAriwisata dan seni kreatif kota Pekalongan, Pamong Desa, kelompok sintren, pemain sintren, mantan pemain sintren, penonton dan warga masyarakat Kalurahan Panjang Baru, Kota Pekalongan dan Desa Pedawang, Kabupaten Pekalongan. Observasi dilakukan saat persiapan dan pentas sintren di kedua wilayah penelitian.
Kesenian sintren dahulu mengalami kejayaan di saat Tempat Pelelangan Ikan Pekalongan ramai dengan aktivitas melaut. Seiring dengan kemunduran TPI ditambah era reformasi dan otonomi daerah serta arus globalisasi yang meluas di masyarakat lewat akses televisi, internet dan lainnya, kesenian sintren terus ditinggalkan penggemarnya. Sintren asli yang mengandung magic dan sesaji semakin kehilangan makna sebab unsur religi dan hilang diganti unsur lain yang lebih dominan.
Tumbuhnya industri pariwisata telah melahirkan seni wisata yaitu munculnya sintren garapan. Sintren garapan mengandung ciri seni untuk wisata yaitu dari aslinya; singkat/padat pertunjukannya; penuh variasi; nilai-nilai kesakralan, simbolik dan kemagisannya dikesampingkan serta murah harganya. Diperlukan uluran tangan dari banyak pihak, baik pemerintah, masyarakat penonton maupun pemain sintren agar eksistensi mereka tetap ada meskipun harus mengikuti selera pemerintah atau penonton.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Tarian Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Seni pertunjukkan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB D.I.Yogyakarta
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:32
Last Modified: 28 Feb 2024 03:32
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30463

Actions (login required)

View Item View Item