Sariyun, Yugo and Ruhumujohar, UU and Permadi, Daddy and Adeng, Adeng and Masduki, Aam (1991) Nilai budaya dalam permainan rakyat Jawa Barat. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Bandung.

[img]
Preview
Text (Buku ini merupakan penelitian kebudayaan)
NILAI BUDAYA DALAM PERMAINAN RAKYAT JAWA BARAT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (73MB) | Preview

Abstract

Keberadaan permainan rakyat tradisional itu bukan berarti tidak mengalami perubahan dan perubahan itu sendiri tidak selalu berganti dengan yang baru. Sosoknya seolah-olah tidak berubah tetapi unsur-unsur baru telah merasuk ke dalamnya, selalu ada aktivitas penyesuaian-penyesuaian dan pengolahan tertentu. Tak pernah terjadi perubahan yang mendadak, permainan lama berganti dengan permainan baru secara keseluruhan, perubahan perlu penyesuaian demi pengakomodasian antara unsur yang lama dengan unsur yang baru, sehingga fungsi-fungsi yang diembannya tetap berjalan.
Terjadinya perubahan yang tidak sekonyong-konyong itu amat sesuai dengan keteraturan hidup manusia, tak pernah terjadi perubahan yang drastis, betapa pun kuatnya pengaruh yang datang dari luar itu, kecuali bila memang permainan baru itu sengaja utuh ditanamkna. Misalnya permainan olahraga seperti permainan bola voli, bowling dan lain sebagainya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Permainan Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 29 Feb 2024 07:41
Last Modified: 29 Feb 2024 07:41
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30451

Actions (login required)

View Item View Item