Setiyanto, Edi and Sukesti, Restu and Nurlina, Wiwin Erni Siti (1997) Medan makna aktivitas tangan dalam Bahasa Indonesia. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Jakarta. ISBN 9794597597

[img]
Preview
Text
MEDAN MAKNA AKTIFITAS TANGAN DALAM BAHASA INDONESIA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (75MB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan teori yang digunakan, yaitu analisis komponen, penelitian ini berusaha merumuskan makna setiap leksem dengan menempuh dua cara. Pertama, setiap leksem terlebih dahulu didefinisikan berdasarkan komponen maknanya. Selanjutnya, betolak dari muatan komponen makna itu, leksem-leksem dimaknai dengan merangkaikan komponen-komponen itu ke dalam rangkaian yang bersifat definitif seperti umum digunakan di dalam kamus.
Seperti penelitian pada umumnya, penelitian ini juga tidak lepas dari permasalahan. Sekadar contoh ialah permasalahan di dalam penyusunan diagram hiponimi. Sekelompok leksem yang membentuk suatu medan, biasanya dapat menghasilkan beberapa diagram dengan relasi hierarki yang berbeda tergantung pada ciri pemilah yang digunakan. Dapat disebut, misalnya, kelompok leksem yang membentuk medan makna sentuh dengan superordinat demok. Kelompok leksem medan makna sentuh, setidaknya, dapat didiagramkan berdasarkan ciri diagnostik bagian yang digunakan atau berdasarkan tingkat keseeringan. Berdasarkan ciri diagnostik bagian yang digunakan, relasi hiponiminya membentuk diagram sebagai berikut.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Literasi
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 14 Dec 2023 04:29
Last Modified: 14 Dec 2023 04:29
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30441

Actions (login required)

View Item View Item