Hasanuddin, Hasanuddin (1996) Katalog peralatan pertanian tradisional daerah Sumatera Utara: koleksi museum negeri Propinsi Sumatera Utara. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Medan.

[img]
Preview
Text
KATALOG PERALATAN PERTANIAN TRADISIONAL DAERAH SUM.UTARA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (32MB) | Preview

Abstract

Alat-alat pertanian merupakan salah satu perwujudan dari budaya masyarakat yang hidup dengan mata pencaharian pertanian. Untuk itu, melalui program kerja Tahun Anggaran 1996/1997, dilaksanakan penulisan serta penerbitan Katalog tentang "Peralatan Pertanian Tradisional Daerah Sumatera Utara".
Masyarakat wilayah Sumatera Utara seperti juga masyarakat lainnya yang ada di nusantara hidup dari bermata pencaharian pertanian dan pada umumnya bertempat tinggal di pedesaan dengan sistem tradisional pula. Mereka memiliki warisan budaya dari generasi sebelumnya yang diwariskan secara turun-temurun. Salah satu warisan budaya tersebut hingga sekarang masih terpelihara dengan baik yaitu pembuatan dan penggunaan alat-alat tradisional dalam bidang pertanian (mengolah tanah) untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Walaupun pengaruh ilmu dan teknologi modern dalam hal peralatan pertanian telah banyak melanda daerah pedesaan di wilayah Sumatera Utara, akan tetapi peralatan tersebut masih tetap dibuat dan dipergunakan bersamaan dengan peralatan yang lebih modern.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:15
Last Modified: 22 Dec 2023 03:16
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30395

Actions (login required)

View Item View Item