Sumarti, Sumarti and Zulkarnaen, Heri (1995) Wujud arti dan fungsi puncak kebudayaan lama dan asli bagi masyarakat pendukungnya di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan penelitian kebudayaan)
WUJUD ARTI DAN FUNGSI PUNCAK-PUNCAK KEBUDAYAAN LAMA DAN ASLI DKI JAKARTA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB) | Preview

Abstract

Naskah ini mencoba mengetengahkan pembahasan aspek kebudayaan daerah khususnya mengenai apa dan bagaimana wujud, arti dan fungsi puncak-puncak kehudayaan lama dan asli di DKI Jakarta yang dikatakan sebagai "akar dan batang"
kebudayaan nasional. Hal ini cukup memerlukan perhatian dan kebudayaan nasional. Hal ini cukup memerlukan perhatian dan menjadi penting artinya mengingat berkaitan erat dengan Pasal 32 UU D I945 dan pembangunan kota. Di sisi lain akhir-akhir ini banyak orang membicarakan kebudayaan bangsa yang dikaitkan dengan pesatnya kcmajuan yang dicapai dalam proses pembangunan nasional. Pcmbicaraan tentang kebudayaan itu berkisar pada perkembangan kebudayaan bangsa yang dipertentangkan dengan kebudayaan asing, pengaruh perkembangan kebudayaan nasional terhadap hari depan kebudayaan "daerah" dan pengaruh timbal balik antara sesama kebudayaan "daerah" dalam perkembangan kebudayaan bangsa. Bertolak dari pemikiran itu kami herusaha menampilkan permasalahan ke tingkat permukaan. Tidak terselip tujuan lain kecuali mendamhakan agar masalah yang kami temui di lokasi penelitian dapat dimengerti oleh semua pihak. Dan tentunya diharpkan tindak lanjut demi peningkatan kehidupan masyarakat pasar dan lingkungannya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:12
Last Modified: 01 Mar 2024 06:12
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30365

Actions (login required)

View Item View Item