Pattikayhatu, J.A. and Rachman, Hasyim and Malessy, B. Th. and Kasihuw, J and Sakalessy, Ot (1985) Ungkapan tradisional yang berkaitan dengan sila-sila dalam pancasila daerah Maluku. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kesusastraan)
UNGKAPAN TRADISIONAL YANG BERKAITAN DENGAN SILA-SILA DALAM PANCASILA DAERAH MALUKU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (50MB) | Preview

Abstract

Bahwa masyarakat di pulau Ambon dan kepulauan Lease yang berbahasa daerah Ambon dan di Pulau Ternate mengenal pula tradisi lisan dalam bentuk ungkapan-ungkapan. Ungkapan-ungkapan itu semula diucapkan secara spontan, tetapi kemudian mencapai bentuknya yang membeku.
Maknanya bersifat instruktif, imperatif ataupun preventif. Ungkapan itu disampaikan oleh penuturnya agar pendengarnya mengetahui nilai-nilai yang baik dan yang tidak baik. Nilai yang baik hendaknya dijadikan pegangan, sedangkan nilai yang tidak baik hendaknya dihindari. Jadi ungkapan itu mengandung unsur edukatif, khususnya dalam bidang pendidikan etik dan moral.
Makna yang terkandung di dalamnya ada yang diungkapkan secara terselubung, misalnya dengan arti kiasan atau metafora, tetapi ada juga yang secara wajar. Ungkapan menggambarkan kehidupan sosial kultural dari pemiliknya. Pada umumnya ungkapan berbentuk peribahasa, pepatah dan kiasan yang telah dikenal masyarakat secara turun-temurun. Tidak lagi diketahui siapa yang pertama kali yang menciptakannya. Disebarkan secara lisan dalam bentuk tuturan, pada umumnya dari orang tua kepada anak atau orang yang lebih tua umurnya kepada yang lebih muda umurnya.
Dalam kedua bahasa daerah tersebut, ungkapan tradisional mempunyai bentuk dan gaya yang kadang-kadang sulit dicapai dalam bahasa .Indonesia. Oleh karena itu terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia tidak dapat dilakukan secara harfiah sepenuhnya. Untuk itu diadakan terjemahan bebas dan diusahakan tidak jauh menyimpang dari arti ungkapan yang sebenarnya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:23
Last Modified: 06 Mar 2024 07:23
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30330

Actions (login required)

View Item View Item