Tangdilinting, L.T. and Rasyid, Darwas and Abdullah, Basri and Zakariah, Zakariah (1991) Ungkapan tradisional yang ada kaitannya dengan sila-sila dalam pancasila Propinsi Sulawesi Selatan. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Sulawesi Selatan, Ujung Pandang.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kesusastraan)
UNGKAPAN TRADISIONAL YANG ADA KAITANNNYA DENGAN SILA PANCASILA PROV SULSEL.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (53MB) | Preview

Abstract

Ungkapan tradisional tersebut sebagai perbendaharaan nilai-nilai luhur dalam kebudayaan dan kehidupan setiap masyarakat atau suku bangsa di Indonesia dan telah menjelaskan, bahwa dalam kehidupan seluruh suku bangsa di Indonesia itu terdapat kebersamaan dan keserasian mempergunakan ungkapan-ungkapan tradisional sebagai transmisi kebudayaan dari generasi ke generasi berikutnya. Oleh karena itu sudah sangat tepatlah jikalau ungkapan tradisional terutama ungkapan yang mempunyai nilai-nilai yang berkaitan dengan sila-sila dalam Pancasila merupakan dasar seleksi atas masuknya berbagai Kebudayaan Asing ke dalam Kebudayaan Indonesia serta menjadi alat pemersatu yang mempertebal rasa Nasionalisme bangsa Indonesia.
Bahwa bukan saja ungkapan tradisional yang mempunyai kaitan dengan sila-sila dalam Pancasila yang dapat dijadikan seleksi dan membina kehidupan bangsa Indonesia, tetapi seluruh bentuk ungkapan baik berupa kalimat pendek atau panjang, baik merupakan gerak dalam berbagai Permainan atau dalam berbagai bentuk simbol- simbol adalah sangat berguna dan penting artinya dalam pembinaan kehidupan bangsa Indonesia serta bermanfaat untuk menjadi pedoman dan bersikap dan bertingkah laku,bergaul dan berkomunikasi diantara setiap kelompok masyarakat atau kelompok suku bangsa di Indonesia. Sekalipun diketahui bahwa ada nilai-nilai Budaya serta hal-hal yang memperlambat perkembangan dari kemajuan pembangunan serta menghambat kesejahteraan rakyat harus pula ditinggalkan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Daerah
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:35
Last Modified: 06 Mar 2024 07:35
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30328

Actions (login required)

View Item View Item