Athailllah, Athaillah and Faridan, Abdullah and Ajies, A. Murad Em and Sulaiman, Budiman and Sanusi, Sulaiman (1984) Ungkapan tradisional sebagai sumber informasi kebudayaan Daerah Istimewa Aceh. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kesusastraan)
UNGKAPAN TRADISIONAL SEBAGAI SUMBER INFORMASI KEBUDAYAAN DI ACEH.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (53MB) | Preview

Abstract

Ungkapan tradisional merupakan cerminan kepribadian dan cara berpikir anggota masyarakat pemakainya. Setiap ungkapan berisi gambaran tentang situasi yang timbul dalam masyarakat. Kadang-kadang ungkapan itu berupa jawaban terhadap masalah yang timbul dalam masyarakat, baik berupa gejala sosial maupun gambaran tentang penyimpangan cara berpikir seorang atau sekelompok anggotanya yang dapat berpengaruh bagi kehidupan bermasyarakat.
Pertanian merupakan mata pencaharian pokok warga masyarakat Aceh dan Gayo. Penghayatan terhadap bentuk, fungsi, dan sifat benda-benda yang digunakan dalam lapangan ini sangat mendalam, sehingga turut mempengaruhi cara berpikir anggota masyarakat. Umumnya ungkapan yang terkumpul menggunakan istilah atau nama benda-benda dari bidang ini. Sifat manusia yang menonjol yang telah dibekukan dalam ungkapan diasosiasikan dengan sifat benda-benda yang berasal dari bidang ini. Sifat yang paling menonjol yang dikemukakan antara lain, sifat ingin memperkaya diri, sifat suka hidup boros, sifat suka berkorban untuk kepentingan orang lain, dan sebagainya dihubungkan dengan sifat yang terdapat pada cangkul, pematang sawah yang bocor, kelapa yang mengandung santan dan sebagainya.
Ungkapan-ungkapan itu umumnya bernilai edukatif dengan segala aspeknya. Ada ungkapan yang berisi nasehat, ada yang berisi gambaran tentang watak manusia yang tidak boleh ditiru, atau yang perlu dihindari dan sebagainya. Setiap ungkapan mengungkapkan gejala yang timbul dalam masyarakat, baik mengenai sifat seseorang maupun sikap kelompok terhadap kelompok lain di sekitarnya. Alternatif jawaban atau penyelesaian yang disarankan umumnya sudah dapat diketahui dari ungkapan itu sendiri, yaitu pada lanjutan ungkapan yang bersangkutan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:25
Last Modified: 07 Mar 2024 01:25
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30325

Actions (login required)

View Item View Item