Manan, Fadjria Novari and Sitanggang, Hilderia and Galba, Sindu and Adonis, F.X Tito (1989) Pola kegiatan sosial dan komunikasi untuk pembauran di Lampung. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan masyarakat adat)
POLA KEGIATAN SOSIAL DAN KOMUNIKASI UNTUK PEMBAURAN DI LAMPUNG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (30MB) | Preview

Abstract

Berkenaan dengan interaksi sosial antargolongan etnik itu memungkinkan terjadi berbagai perubahan-perubahan. khususnya perubahan sosial dan kebudayaan. Hal ini dapat terjadi karena tingginya frekuensi dan int ensitas komunikasi seperti media massa, banyaknya alat transportasi, dan lain-lain. Dengan demikian, perubahan terjadi karena makin intensifnya kontak antargolongan etnik itu dengan bangsa-bangsa lain atau golongan etnik yang tidak berada di tempat itu. Kontak-kontak sosial dan kebudayaan tersebut terutama berlangsung di arena-arena interaksi seperti pasar dan terminal.

Hubungan sosial yang terwujud dalam interaksi antarwarga masyarakat dari golongan etnik yang berbeda itu pada dasarnya dapat dilihat sebagai pengorganisasian identitas-identitas sosial, yang mengacu pacta kebudayaan. dari masing-masing pelakunya. Pengorganisasian identitas itu merupakan inti dalam interaksi antarwarga masyarakat yang berbeda golongan. etniknya. lnteraksi antaridentitas sosial dan kebudayaan yang berbeda itu pada dasarnya merupakan interaksi dari simbol-simbol yang diaktifkan oleh masing-masing pelaku yang terlibat. Pengaktifannya disesuaikan dengan kepentingan masing-masing pelakunya dan sesuai dengan kondisi dan situasi di mana interaksi tersebut berlangsung.
Simbol-simbol yang diaktifkan oleh para pelakunya itu dapat dilihat sebagai suatu alat komunikasi yang fungsional dan dapat dipahami oleh masing-masing pelakunya. Simbol-simbol komunikasi itu pada dasarnya bersumber pacta cara hidup atau kebudayaan umum lokal yang berlaku di wilayah tersebut.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 13 Mar 2024 01:43
Last Modified: 13 Mar 2024 01:43
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30288

Actions (login required)

View Item View Item