I Gusti Ngurah, Bagus (1986) Sumbangan nilai budaya Bali dalam pembangunan kebudayaan nasional. Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Bali, Denpasar.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan nilai budaya daerah)
SUMBANGAN NILAI BUDAYA BALI DALAM PEMBANGUNAN KEBUDAYAAN NASIONAL.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (20MB) | Preview

Abstract

Tiga aspek penelitian dan pengkajian yang ditangani oleh Proyek pada tahun anggaran 1985/1986 ini, yaitu aspek tradisi lisan, aspek terjemahan, dan aspek transliterasi. Ketiga aspek ini dilaksanakan oleh tim tersendiri dengan judul "Pengolahan Makanan Khas Bali", "Terjemahan dan Kajian Nilai Astadasaparwa", dan "Transliterasi dan Kajian Nilai Tantri Pisacarana".
Penelitian aspek tradisi lisan dikhususkan pada masalah makanan karena hal ini merupakan bagian kebudayaan Bali yang amat penting, baik untuk memenuhi kebutuhan biologis maupun untuk memenuhi tuntutan budaya Bali dalam arti luas. Misalnya, tampak dalam proses pengolahan, persembahan kepada Tuhan Yang Mahaesa, dan penyajian kepada masyarakat Bali serta penyajian kepada tamu (termasuk tamu asing). Oleh karena itu, makanan khas Bali yang memiliki corak tersendiri potensial dikembangkan untuk memperkaya kebudayaan khas Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:49
Last Modified: 20 Mar 2024 07:49
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30253

Actions (login required)

View Item View Item