Brotomoeljono, Brotomoeljono and Azidin, Yustan and Sunarto, Sunarto and Tamjid, Azis and Ngadiyana, Y.M (1987) Sosialisasi pada perkampungan miskin daerah Kalimantan Selatan. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan nilai budaya)
SOSIALISASI PADA PERKAMPUNGAN MISKIN DAERAH KALIMANTAN SELATAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (40MB) | Preview

Abstract

Corak sosialisasi anak, baik di pusat kota maupun di pinggir kota sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan serta kondisi ekonomi keluarga. Para orang tua keluarga batih di pusat kota dan di pinggir kota pada dasarnya menginginkan agar anak-anaknya kelak akan mendapatkan penghidupan yang lebih baik. Untuk itu para orang tua selalu berusaha untuk dapat menyekolahkan anaknya sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga.
Sebagai orang tua yang rata-rata berpendidikan rendah terlibat bahwa pada waktu melahirkan anak, masih banyak yang mempercayakan pada pertolongan dukun kampung. Namun di kampung pusat kota telah terlihat adanya peranan bidan. Dalam pengasuhan dan perawatan anak, baik di kampung pusat kota maupun di pinggir kota peranan ibu cukup besar, hal ini antara lain disebabkan karena tiadanya kemampuan mereka untuk mengupah tenaga pembantu.
Para orang tua keluarga batih, baik di pusat kota maupun di pinggir kota kebanyakan masih tetap melaksanakan upacara adat dalam usaha memohon keselamatan keluarga. Mereka masih tetap berusaha mewariskan bentuk upacara adat ini kepada anak-anaknya. Salah satu cara yang mereka tempuh adalah dengan melibatkan anak-anak dalam kegiatan upacara itu.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:41
Last Modified: 21 Mar 2024 06:41
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30243

Actions (login required)

View Item View Item