Suhardi, Suhardi and S., Lindyastuti (2001) Perubahan kultural pekerja wanita di Kawasan Industri Propinsi Jawa Barat (kasus : buruh pabrik tekstil "kahatex group" di Solokanjeruk, Kabupaten Bandung). Proyek Pengkajian dan Pembinaan Kebudayaan Masa Kini, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan masyarakat adat)
PERUBAHAN KULTURAL PEKERJA WANITA DIKAWASAN INDUSTRI PROV JABAR.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB) | Preview

Abstract

Sebagaimana umumnya wanita di Indonesia di masa-masa lalu, mereka, banyak terlibat hanya pada kegiatan domestik atau kerumahtanggan. Secara tradisi, tugas utama wanita, antara lain, adalah mengurus anak, membersihkan dan mengatur rumah, serta memasak di dapur. Kemudian dengan bekerja di pabrik (industri) berarti para wanita ini mengalami peralihan tempat bekerja, dengan pola pekerjaan dan nilai-nilai yang berbeda dengan di rumah tangga. Hal itu, tentunya menuntut adanya perubahan-perubahan budaya tertentu di kalangan pekerja wanita. Karena itu, salah satu dampak dari industrialisasi ini adalah adanya perubahan-perubahan pada sistem nilai yang terjadi di kalangan pekerja wanita setelah bekerja di sektor industri.

Peralihan tempat bekerja dengan pola pekerjaan dan nilai-nilai yang berbeda, tentunya menutut adanya perubahan-perubahan budaya tertentu di kalangan pekerja wanita ini. Berkaitan dengan hal itu yang mertjadi masalah adalah perubahan-perubahan nilai seperti apa yang terjadi di kalangan pekerja wanita tersebut.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:47
Last Modified: 22 Mar 2024 01:47
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30236

Actions (login required)

View Item View Item