Rohwulaningsih, Yety and Susilowati, Endang and Wahono, Wahono and Nurshodiq, Nurshodiq (1991) Sistem pengetahuan tradisional dalam bidang mata pencaharian daerah Jawa Tengah. Project Report. Bagian Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Jawa Tengah, Semarang.

[img]
Preview
Text
SISTEM PENGETAHUAN TRADISIONAL DALAM BIDANG MATA PENCAHARIAN DI JATENG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (37MB) | Preview
[img]
Preview
Image
COVER DEPAN SISTEM PENGETAHUAN TRADISIONAL DALAM BIDANG MATA PENCAHARIAN DI JATENG.jpg - Cover Image
Copyright All Rights Reserved

Download (904kB) | Preview

Abstract

Sistem pengetahuan tradisional dalam bidang mata pencaharian pertanian lahan tadah hujan mengantarkan kita pada gambaran masyarakat yang hidup dengan tingkat pertanian subsisten. Di tengah laju perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin kuat merembes sampai ke pelosok-pelosok desa, sistem pengetahuan tradisional dalam bidang mata pencaharian pertanian lahan tadah hujan pada masyarakat Desa Slendro Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen dapat dikatakan mempunyai daya tahan yang cukup handal. Dalam artian bahwa sistem pengetahuan tradisional pertanian lahan tadah hujan tersebut masih tetap dapat diwarisi dari generasi ke generasi berikutnya.
Ada banyak faktor yang menyebabkan masih kuatnya sistem pengetahuan tradisional dalam bidang mata pencaharian tersebut. Diantara beberapa faktor itu yang paling dominan adalah kondisi ekologi Desa Slendro yang merupakan daerah perbukitan yang kering dan berkapur, sehingga lahan pertaniannya sebagian besar tidak dapat dibudidayakan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dari data luas wilayah dapat dilihat bahwa tanah persawahan di Desa Slendro lebih sempit bila dibandingkan dengan tanah pategalan maupun tanah yang lainnya. Semua lahan pertanian yang ada baru dapat produktif pada saat musim hujan tiba. Namun demikian penduduk Desa Slendro tetap dapat hidup dan berkembang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:03
Last Modified: 07 Nov 2023 08:03
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30211

Actions (login required)

View Item View Item