Data, Muh Yamin and Badaruddin, Makmun and P., Muh. Mawi and Malik, M. Ali and Hamjah, Osman and Syarif, M. (1983) Sistem kepemimpinan dalam masyarakat pedesaan Sulawesi Selatan. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Ujung Pandang.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan nilai budaya)
SISTEM KEPEMIMPINAN DALAM MASYARAKAT PEDESAAN SULSEL.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (46MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan:
1. Masyarakat Desa Lancirang lebih terbuka dibanding dengan masyarakat Desa Batu. Hal ini disebabkan karena komunikasi Desa Lancirang lebih dahulu terbuka dan lancar dengan kota dan daerah sekitarnya. Oleh karena itu jumlah dan jenis kepemimpinan di Desa Lancirang lebih beragam dibanding dengan Desa Batu.
2. Karena masyarakat Desa Batu masih bersifat tertutup maka kegiatan -kegiatan pembangunan di Desa tersebut lebih banyak memerlukan inisiatif Kepala Desa di banding dengan Desa Lancirang. Hal inilah mungkin yang menyebabkan sehingga Kepala Desa Batu lebih banyak berinisiatif dalam menerima perintah atau instruksi dari camat di banding dengan Kepala Desa Lancirang.
3. Jabatan Kepala Desa di kedua Desa lokasi penelitian, terbuka bagi siapa saja yang memenuhi syarat dan mempunyai kemampuan. Ini terbukti bahwa Kepala Desa di kedua Desa tersebut semuanya orang pendatang.
4. Kepala Desa adalah merupakan titik temu dari sistem kepemimpinan lokal yang didasari nilai-nila adat dan agama Islam. Dengan sistem kepemimpinan Nasional· yang didasari oleh nilai-nilai dan aturan-aturan Pancasila dan UUD 45. Namun dalam kenyataanya kepemimpinan Nasional sering mendominasi kepemimpinan lokal melalui kekuasaan formal.
5. Walaupun prosedure pengangkatan kedua Kepala Desa tersebut sama. Namun kenyataannya bahwa rakyat Desa Lancirang lebih rajin menggunakan Hak kontrol sosialnya di
banding dengan rakyat Desa Batu. Hal ini mungkin disebab kan oleh sifat masyarakatnya atau watak Kepala Desanya yang berbeda.
7. Sesuai dengan basil pengamatan di kedua Desa lokasi penelitian. Disimpulkan bahwa dalam masalah-masalah tertentu sistem politik lokal dan sistem politik Nasional dapat berjalan bersama dan saling menunjang. Tetapi dalam masalah-masalah tertentu terutama menyangkut keluarga dan agama sering muncul pertentangan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:04
Last Modified: 27 Mar 2024 04:04
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30195

Actions (login required)

View Item View Item