Finandar, Fidy and Issudarsono, Issudarsono and Maulana, Achmad and Salim, Masrie M. and Sudharmo, Usman (1983) Sistim gotong royong dalam masyarakat desa daerah Kalimantan Timur. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan nilai budaya)
SISTEM GOTONG ROYONG DALAM MASYARAKAT DESA KALTIM.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (37MB) | Preview

Abstract

Masyarakat suku bangsa Pasir maupun suku bangsa Tunjung telah lama berhubungan dengan orang-orang dari luar seperti orang Bugis, Jawa, Banjar, Madura, Cina dan Eropa serta orang-orang Philipina, Malaysia, dan Korea. Akibat terjadi kontak dengan orang-orang dari luar ini, maka terjadilah proses perubahan sosial. Di samping itu sebagai faktor yang mendorong proses perubahan tersebut adalah banyaknya pemuda-pemuda yang berpendidikan modern, sehingga timbulnya idealisme di kalangan mereka untuk membangun suku bangsa dan daerahnya.
Sejalan dengan ini, maka pembangunan di Kalimantan Timur sejak 10 tahun terakhir ini hasilnya dapat dirasakan sampai ke pelosok pedesaan. Harapan dan kepercayaan akan hidup lebih baik memberikan semangat dan partisipasi masyarakat untuk lebih giat melaksanakan pembangunan. Pembangunan yang dicapai ini adalah hasil dari eksploitasi hutan, minyak dan gas bumi yang dikerjakan secara teknologi modern. Hal ini memberikan pengaruh terhadap perubahan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat pedesaan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:17
Last Modified: 19 Mar 2024 06:17
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30184

Actions (login required)

View Item View Item