Badaruddin, Makmun and Mappasere, Mappasere and R., Sukirman A. and Aminullah, A. (1986) Sistem ekonomi tradisional sebagai perwujudan tanggapan aktif manusia terhadap lingkungannya daerah Sulawesi Selatan. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah Sulawesi Selatan, Ujung Pandang.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kearifan lokal)
SISTEM EKONOMI TRADISIONAL SEBAGAI PERWUJUDAN TANGGAPAN AKTIF MANUSIA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (78MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan yang menjadi obyek pembahasan dalam karya ini, masih mengembangkan tanggapan terhadap lingkungannya lewat cara-cara tradisional dalam usaha memenuhi kebutuhannya dengan pola pelaksanaan yang sifatnya tradisional pula. Usaha masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya berpola pada sistem ekonomi yang meliputi pola produksi, pola distribusi dan pola konsumsi, masih dilakukan dengan sistem pengetahuan dan teknologi tradisional yang dianut dari masa ke masa.
Keadaan sistem ekonomi dewasa ini dalam masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan tetap dilaksanakan secara tradisional, sementara ide dan konsep pembaharuan di bidang pertanian sudah memasuki lapangan hidup petani, namun belum seluruhnya terpengaruh atas pembaharuan tersebut dan belum mencapai suatu bentuk memadai. Adapun namanya perubahan itu, belum sampai mempengaruhi struktur masyarakat petani, seperti munculnya komersialisasi sektor pertanian, perubahan ikatan-ikatan kekeluargaan dan penghargaan terhadap ketrampilan dan kehidupan. Para Antropolog mengakui hal ini, bahwa perubahan-perubahan terjadi setahap demi setahap. Geertz ( 1973 : XIII) mengatakan bahwa ia lebih ragu mengenai kepastian, apakah Indonesia telah mulai meninggalkan situasi equilibrium masyarakat tradisional menuju ke equilibrium masyarakat modern.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:29
Last Modified: 27 Mar 2024 04:29
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30177

Actions (login required)

View Item View Item