Argawa, I Nyoman and Napsiah, Lalu and Prayitno, Joko and Widiastuti, Alit (1995) Seni topeng di Lombok. Museum Negeri Propinsi Nusa Tenggara Barat, Mataram.

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kesenian topeng)
SERI TOPENG DI LOMBOK.PDF - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (12MB) | Preview

Abstract

Seni topeng diperkirakan Lelah dikenal oleh masyarakat suku bangsa Sasak di Lombok sekitar abad ke-8 sampai abad ke-9 masehi. Kemudian sekitar abad ke-14 sampai abad ke-15 tercipta topeng-topeng yang dipakai dalam seni pertunjukan teater rakyat. Selanjutnya sekitar paruh abad ke-17 sampai abad kc-18 tercipta topeng-topeng yang dipakai dalam pertunjukan teater topeng.
Bagi sebagian masyarakat Sasak-Lombok sampai sekarang masih mempercayai bahwa topeng-topeng tertentu memiliki kekuatan magis yang dapat mengakibatkan tepedam, medaman, dan sejenisnya serta topeng-topeng tersebut juga yang dapat dipakai sebagai sarana untuk penyembuhannya.
Tipe topeng Lombok dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu tipe mahluk manusia, tipe mahluk raksasa dan tipe mahluk binatang. Masing-masing tipe dari topeng-topeng tersehut menggambarkan karakter-karakter tersendiri. Secara umum gambaran karakter topeng Lombok dapat dikelompokkan menjadi: karakter angkara, karakter kuat-bijak-kharismatik, karakter humanis, karak terlemah-lembut, dan karakter humoris.
Pada masa sekarang tujuan pembuatan topeng di Lombok mengalami pergeseran, tidak hanya dibuat untuk maksud seni pakai dalam pertunjukan teater rakyat atau teater topeng, melainkan juga dibuat dengan maksud topeng dipakai sebagai
benda hiasan. Bahkan dapat dikatakan bahwa penciptaan topeng dengan maksud topeng sebagai benda hiasan lebih dominan.
Karya-karya topeng sekarang yang dibuat dengan maksud topeng sebagai benda hiasan memperlihatkan adanya unsur-unsur kreasi yang masih mengakar pada tradisi lama, tetapi di lain pihak ada hal-hal yang tercerabut dari akar tradisinya, antara lain pemilihan mutu bahan dan identitas topeng. Karena itu tidak dapat dikenali apakah topeng yang dibuat sekarang ini Topeng Amaq Abir atau topeng-topeng figuran.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:16
Last Modified: 15 Mar 2024 04:16
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30163

Actions (login required)

View Item View Item