Suarman, Suarman and Mubarok, Jauhar (2015) Seni budaya melayu Kabupaten Bintan. Balai Pelestarian Nilai Budaya Tanjungpinang, Tanjungpinang. ISBN 978-979-1281-67-6

[img]
Preview
Text (Buku ini berkaitan dengan kesenian)
SENI BUDAYA MELAYU KABUPATEN BINTAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (20MB) | Preview

Abstract

Indonesia mempunyai beragam kesenian tradisional yang pada nilai, bentuk, dan fungsi yang berakar pada lokalitas daerah. Kesenian-kesenian tersebut terwariskan dari generasi ke generasi, bertahun-tahun lamanya. Kebertahanan sebuah kesenian menjadi bukti bahwa kesenian-kesenian tersebut masih mempunyai pendukung kebudayaan yang loyal untuk menghidupkannya di tengah deru kehidupan yang melaju kencang bersama modernitas. Melemang dan silat Melayu adalah sedikit contoh kesenian-kesenian tradisional yang masih bertahan tersebut. Secara historis kedua kesenian itu telah mampu mengalahkan berbagai halangan dan kendala yang mengiringinya, sementara ini.
Dibandingkan dengan beberapa kesenian tradisional lainnya, kedua bentuk kesenian tersebut sudah menunjukkan daya tahannya. Sampai masa sekarang, setidaknya. Namun kendala-kendala yang akan datang tidak menutup kemungkinan juga semakin banyak dan berat untuk dipikul para pendukungnya. Kendala yang paling berat adalah ketika masyarakat setempat tidak lagi menjadi pilar utama pendukung kesenian-kesenian itu. Seperti telah dituliskan di atas, bahwa masyarakat pada masa sekarang mempunyai berbagai preferensi hiburan yang jauh lebih beragam, murah, dan mungkin juga lebih menarik hati. ltu dari kacamata masyarakat yang menjadi konsumen keseniannya. Selain itu pilihan hidup yang ingin praktis dengan mencoba menjalani hidup secara realistis juga menjadi pandangan yang jamak. Terlebih di negeri ini dunia kesenian tradisional belum dapat menjadi sandaran utama sebagai penopang hidup. Maka kemungkinan-kemungkinan kesenian tradisional untuk ditinggalkan oleh masyarakat yang lebih mengutamakan sisi materi sangat besar.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Kepulauan Riau
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:45
Last Modified: 15 Mar 2024 03:45
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30162

Actions (login required)

View Item View Item