Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseumna (2013) Pedoman pemanfaatan cagar budaya nasional dan dunia. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text
PEDOMAN PEMANFAATAN CAGAR BUDAYA NASIONAL DAN DUNIA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pemanfaatan Cagar Budaya harus berorientasi pada pelestarian, artinya apapun bentuk kegiatan pemanfaatan pada cagar Budaya harus tidak bertentangan dengan aspek pelestariannya. Pemanfaatan yang tidak terarah serta tanpa perencanaan yang matang , akan mengakibatkan kerusakan cagar Budaya, yang tentunya akan menurunkan kualitas serta nilai yang terkandung di dalamnya. Agar tujuan pemanfaatan dan kelestarian cagar Budaya dapat berjalan selaras, dibutuhkan pedoman dan arahan yang jelas dan komprehensif, serta perlu pengawasan secara intensif dalam pelaksanaannya.
Salah satu upaya untuk memberikan panduan yang jelas dalam kegiatan pemanfaatan cagar Budaya yang tetap berpihak pada pelestarian, maka disusunlah Pedoman cagar Budaya Nasional dan Dunia. Dengan adanya pedoman ini, diharapkan masyarakat dapat melakukan kegiatan pemanfaatan cagar Budaya dengan benar tanpa menyebabkan dampak negatif dan kerusakan pada cagar Budayanya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Panduan/Pedoman
Pendidikan > Kebudayaan > Cagar Budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:12
Last Modified: 16 Jan 2024 03:12
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/30046

Actions (login required)

View Item View Item