Istiasih, Istiasih (1999) Ajaran organisasi penghayat kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa minggu kliwon. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi penjelasan tentang ajaran organisasi penghayat kepercayaan Minggu Kliwon)
MINGGU KLIWON.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (13MB) | Preview

Abstract

Menurut kepercayaan yang dianut warga organisasi Minggu Kliwon, meyakini keberadaannya bahwa Tuhan itu benar-benar ada. Dengan adanya dunia seisinya itu, tentu saja ada yang mengadakan. Sebagai bukti keberadaan Tuhan tersebut yaitu dengan adanya jagat, matahari, bulan, bumi seisinya apalagi manusia dan lain-lain tentu saja ada yang mengadakan, yang mengadakan itu adalah Tuhan.
Dalam masyarakat/warga penganut kepercayaan organisasi Minggu Kliwon meyakini bahwa kedudukan Tuhan Yang Maha Esa adalah Yang Maha Tinggi. Oleh karena Yang Maha Tinggi dan yang paling tinggi itu Tuhan Yang Maha Esa, maka Maha segalanya. Semua kehidupan di dunia ini, Tuhan yang menghidupinya. Jadi kedudukan Tuhan dalam kaitan ini adalah mutlak adanya dan kekuasaanNya tidak terbatas. Menurut ajaran organisasi Minggu Kliwon Tuhan itu dari diri manusia tanpa batas, dekat sekali ada dalam diri manusia, tak tersentuh. Manusia itu ada percikan Tuhan, sebab manusia itu dikasihi dan dikuasasi oleh Tuhan seluruhnya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:51
Last Modified: 22 Feb 2024 02:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29960

Actions (login required)

View Item View Item