Prawitasari, Raj Riana Dyah and Armini, I Gusti Ayu and Satyananda, I Made (2017) Kehidupan nelayan lintas batas di Kabupaten Rote Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Badung. ISBN 978-602-7961-15-9

[img]
Preview
Text (Buku ini menerangkan tentang bagaimana kehidupan nelayan lintas batas di kabupaten Rote Ndao)
KEHIDUPAN NELAYAN LINTAS BATAS PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (28MB) | Preview

Abstract

Nelayan lintas batas di Desa Oelua berasal dari Bajo dan asli Rote. Masyarakat nelayan yang ada di Deda Oelua sering melakukan upacara atau ritual. di antaranya ketika akan melaut atau selamatan perahu baru. Upacara selamatan biasanya dilakukan dengan berdzikir bersama para nelayan terutama masyarakat nelayan yang beragama islam. Dzikir ini biasanya dipimpin oleh seorang ustadz. Dalam melakukan upacara ini sarana yang dipergunakan umumnya dengan beras yang dicampur dengan air kunyit atau beras kuning. Tujuan dari upacara ini adalah supaya perahu yang mereka gunakan dan pemiliknya mendapat keselamatan selama mereka melaut dan hasil didapat melimpah.
Pelaksanaan upacara ini biasanya dilakukan di atas sampan, ataupun di darat. Selama berdzikir mereka memanjatkan doa, dan diakhiri dengan penaburan beras kuning di atas perahu. Di samping upacara selamatan perahu baru, kelompok nelayan dari Desa Oelua juga melakukan upacara selamatan laut. Upacara ini selalu mereka laksanakan setiap tahun. Upacara ini dilakukan karena para nelayan percaya bahwa di laut ada penghuni yang tidak terlihat oleh mata. Adapun tujuan dilakukannua upacara ini agar hasil tangkapan berlimpah dan mereka mendapat perlindungan dan keselamatan selama melaut.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 16 Feb 2024 05:11
Last Modified: 16 Feb 2024 05:11
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29834

Actions (login required)

View Item View Item