Suharso, Suharso and E.P., Suwito and Gunadi, Irawan Haryo (1992) Kearifan tradisional dalam upaya pemeliharaan lingkungan hidup di daerah Jawa Tengah. Bagian Proyek Penelitian, Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Jawa Tengah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Semarang.

[img]
Preview
Text
KEARIFAN TRADISIONAL DALAM UPAYA PEMELIHARAAN LINGKUNGAN HIDUP DI JATENG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB) | Preview

Abstract

Lingkungan hidup manusia, merupakan sebuah sistem dimana manusia bisa hidup dengan lingkungannya dan sebaliknya. Karena ada manusia lingkungan bisa hidup. Proses timbal balik yang saling memengaruhi dan saling menghidupi antara tumbuh-tumbuhan, hewan dan manusia berjalan mengikuti perkembangan waktu dan perkembangan kebutuhan manusia.
Karena itu yang dimaksud dengan lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya. Alam memengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya dan sebaliknya.
Inti permasalahan lingkungan hidup ialah hubungan makhluk hidup, khususnya manusia, dengan lingkungan hidupnya. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ekologi. Manusia secara berkesinambungan berinteraksi dengan lingkungan hidupnya. Dalam berinteraksi itu ia mengamati lingkungannya dan memperoleh pengalaman. Dari pengamatan dan pengalamannya manusia mempunyai wawasan tertentu tentang lingkungan hidupnya.
Wawasan manusia tentang lingkungan hidupnya inilah yang disebut sebagai citra lingkungan (I Nyoman Nurjaya, Suara Merdeka 3 September 1990). Citra lingkungan inilah yang dalam masyarakat Jawa Tengah melahirkan kearifan lingkungan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Dec 2023 23:55
Last Modified: 27 Dec 2023 23:55
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29817

Actions (login required)

View Item View Item