Sejati, Dwi Fajar (2015) Seleh taun mapag taun, pesta panen ala sunda. Seri Pengenalan Budaya Nusantara . Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Jakarta. ISBN 978-602-6477-04-0

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi deskripsi tentang tradisi upacara adat)
SELEH TAUN MAPAG TAUN,PESTA PANEN ALA SUNDA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (26MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Indonesia yang urnurnnya terdiri dari para petani dan nelayan dikenal sebagai masyarakat yang sangat mencintai dan menjunjung tinggi budaya spiritual. Ketakutan mereka terhadap bencana alam, masa paceklik, walat, bendu, kematian, kutukan, dan hal-hal lainnya yang dapat mengancam kehidupannya telah menumbuhkan berbagai tradisi yang hingga kini masih tetap hidup (the living traditions). Salah satu tradisi tersebut adalah upacara adat.

Upacara adat merupakan warisan budaya nenek rnoyang bangsa Indonesia yang di dalamnya terkandung nilai-nilai kearifan yang masih relevan dengan kondisi sekarang ini, seperti nilai kebersamaan, gotong royong, persatuan, dan religius. Dalam kehidupan masyarakat pendukungnya, nilai-nilai tersebut tidak hanya menjadi penyangga identitas lokalnya, melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai kearifan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga dapat rnernperkukuh identitas dan jati diri bangsa.

Sehubungan dengan hal tersebut, perlu memperkenalkan keragaman tradisi yang berkaitan dengan upacara adat kepada generasi rnuda. khususnya siswa Sekolah Dasar. Diharapkan buku ini dapat menjadi bahan bacaan bagi siswa Sekolah Dasar untuk memperkenalkan dan meningkatkan apresiasi mereka terhadap keragaman budaya bangsa, serta rnernbentuk watak dan karakter anak-anak Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:50
Last Modified: 16 Feb 2024 04:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29795

Actions (login required)

View Item View Item