Suarsana, I Made and Purna, I Made and Suteja, I Made Dharma and Sumadi, I Wayan Suca and Prawitasari, Raj Riana Dyah (2016) Inventarisasi dan perlindungan karya budaya: betutu di Banjar Teruna Desa Peliatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar Provinsi Bali. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta. ISBN 9786023561278

[img]
Preview
Text
INVESTASI DAN PERLINDUNGAN KARYA BUDAYA BETUTU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (20MB) | Preview

Abstract

Sejarah makanan tradisional be tutu yang ada Banjar Teruna, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali berawal dari keluarga Bapak I Wayan Linggih. Sejak jaman kakeknya sudah mengabdi di Puri Peliatan-Ubud sebagai juru masak keluarga Puri Peliatan. Di sana I Wayan Linggih belajar dan mendapatkan resep serta cara memasak be tutu asli/tradisional dari kakeknya. Selanjutnya dia dipercaya menggantikan posisi kakeknya menjadi juru masak andalan keluarga Puri Peliatan, Ubud. Bisa dikatakan makanan tradisional Bali be tutu ini berawal dari lingkungan Puri/kerajaan yang kemudian menyebar keluar, sekarang dapat dinikmati oleh masyarakat umum.
Masakan be tutu utamanya adalah untuk persembahan kepada Ida SANG Hyang Widhi Wasa/Tuhan YME dalam upacara Rsi Yadnya, Pitra Yadnya, Manusia Yadnya, dan Bhuta Yadnya. Keunikan dari be tutu asli Peliatan ini adalah cara memasaknya yang menggunakan basa gede/basa genep dan dalam proses pematangannya ditimbun dalam bara sekam (metunu) selama 12 jam di atas tungku perapian tradisional. Dari proses pematangan yang bersifat tradisional tersebut meghasilkan masakan daging be tutu yang empuk, lembut, gurih dan lezat sebagai hidangan atau lauk yang sangat disukai oleh warga masyarakat Peliatan, masyarakat Bali. Bahkan sampai tamu-tamu mancanegara mengakui kelezatan be tutu tradisional asli Peliatan karya keluarga Bapak Wayan Linggih ini. Be tutu yang dulunya terkenal dengan nama be tutu Warung Gunaksa dalam pasar Peliatan-Ubud ini juga melayani pesanan pribadi, restoran sampai hotel-hotel di Ubud.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Makanan Tradisional
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:39
Last Modified: 25 Jan 2024 04:39
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29775

Actions (login required)

View Item View Item