Soetomo, Soetomo and Ibrahim, S. and Nurshodiq, Nurshodiq and Gunadi, Irawan Haryo and Utomo, Cahyo Budi and HP., Suradi (1992) Hasil penelitian organisasi penghayat kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa propinsi Jawa Tengah II. Proyek Inventarisasi Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini hasil merupakan penelitian organisasi penghayat kepercayaan kepada kepada Tuhan YME di Jawa Tengah)
HASIL PENELITIAN ORGANISASI PENGHAYAT KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN Y.M.E. PROP JATENG II.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (31MB) | Preview

Abstract

Yang dimaksud dengan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, adalah mereka yang menganut aliran kebatinan, kerokhanian dan kejiwaan. Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan usaha manusia untuk menangkap konsepsi keberadaan Tuhan sebagai Dzat Maha Tinggi, Pencipta dan Pemelihara Alam Semesta. Dan juga merupakan kontak hubungan antara pribadi penghayat dengan Tuhannya.
Penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa tersebut telah ada dan hidup sejak nenek moyang kita, terus berlanjut, berkurang dan bertambah dengan nilai-nilai yang diserap nya. Sistem kepercayaan ini sifatnya sangat pribadi dan lebih bersifat abstrak sesuai dengan sifat keabsrakannya konsepsi batiniah manusia itu sendiri. Dan yang lebih penting lagi, kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa lebih bersifat menanamkan budi pekerti yang luhur agar manusia serasi, selaras dan seimbang dalam hubungannya antar-manusia, alam, dan Tuhannya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:05
Last Modified: 07 Feb 2024 02:05
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29726

Actions (login required)

View Item View Item