Sariyun, Yugo and Utomo, Budiarto and Sungkono, B.Cs and Kartawinata, Ade M. and Rusnandar, Nandang and Heryana, Agus and Purnama, Yuzar and Roswandi, H. Iwan and Basri, Muhammad and Rostiyati, Ani (1994) Dampak pembangunan ekonomi (pasar) terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat di Jawa Barat (studi kasus masyarakat desa Pangalengan di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung). Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Jawa Barat, Bandung.

[img]
Preview
Text
DAMPAK PEMBANGUNAN EKONOMI PASAR TERHADAP KEHIDUPAN SOSBUD MASYARAKAT DI JABAR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (17MB) | Preview

Abstract

Barang-barang yang diperjualbelikan, terutama di Pasar Pangalengan sebagai objek penelitian penulis, merupakan barang-barang sandang, pangan, dan benda-benda lain yang menjadi kebutuhan masyarakat, yaitu barang-barang yang tidak besar, mudah diangkut dan disimpan, serta persediaannya dapat ditambah dan dikurangi dengan lambat laun dan sedikit demi sedikit.
Hal yang menarik perhatian di Pasar Pangalengan adalah adanya bentuk transaksi sayur-mayur. Pangalengan merupakan penghasil sayur-mayur yang cukup besar, dalam partai besar tanpa adanya barang yang ditawarkan di tempat itu. Tiap harinya berkeliaran sejumlah calo yang nantinya berperan menawarkan berbagai sayuran yang masih berada di ladang milik petani.
Petani-petani yang telah siap panen segera memberitahukan kepada sang calo tentang adanya barang yang siap untuk dijual dengan standar harga yang telah ditentukan. Calo-calo ini menunggu datangnya bandar sayuran yang berminat memborong sayuran dengan jumlah besar. Antara bandar dan calo inilah terjadinya transaksi jual beli. Setelah ada kesepakatan, barulah calo ini mempertemukan sang bandar dengan si petani pemilik barang. Biasanya, calo-calo ini di samping mendapat komisi dari sang bandar,juga ada komisi dari petani pemilik barang.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:36
Last Modified: 24 Nov 2023 07:36
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29657

Actions (login required)

View Item View Item