Pelawi, Kencana Sembiring and Sitanggang, Hilderia (1997) Corak dan pola hubungan sosial antar golongan dan kelompok etnik di daerah perkotaan: suatu studi masalah pembauran dalam bidang sosial dan ekonomi daerah Sumatra Utara. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Jakarta.

[img]
Preview
Text
CORAK DAN POLA HUBUNGAN SOSIAL ANTARA GOLONGAN DAN KELOMPOK ETNIK DI DAERAH PERKOTAAN.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (23MB) | Preview

Abstract

Kota Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, penduduk kota Medan terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Penduduk asli kota Medan adalah etnik Melayu. Selain etnik Melayu di kota Medan berdiam juga berbagai suku bangsa lainnya, seperti etnik Batak, etnik Minang, etnik Jawa, etnik Cina dan lain sebagainya. Dengan keanekaragaman etnik dan asal keturunan tersebut penduduk kota Medan adalah salah satu etnik yang dominan, baik ditinjau dari segala aspek, apakah itu aspek kebudayaan, ekonomi maupun jumlah atau
mayoritas.
Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data empirik untuk mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai hubungan sosial antar golongan etnik. Tampaknya pengamatan lebih terfokus kepada hubungan sosial antar golongan etnik pribumi dan golongan etnik non pribumi . Sedangkan hubungan sosial antar golongan etnik pribumi sendiri nampaknya kurang menonjol untuk dikaji. Hubungan sosial antar golongan etnik pribumi nampaknya kurang menampilkan masalah-masalah bila dibandingkan dengan hubungan sosial antara pribumi dan non pribumi. Adapun bidang-bidang yang akan disoroti dalam hubungan sosial antar golongan etnik ini adalah hubungan dalam bidang ekonomi, kekerabatan, keagamaan, dan komunitas (pemukiman) . Dengan mengkaji keempat hubungan sosial ini kita berusaha untuk menemukan faktor-faktor yang positif bagi pencapaian hubungan yang harmonis antar golongan etnik dan faktor-faktor negatif yang akan memperburuk hubungan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:21
Last Modified: 21 Nov 2023 03:21
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29640

Actions (login required)

View Item View Item