Soh, Andre Z and Kana, Christoffel and Kopong, Elias and Koehuan, Marthinus M. (1983) Ceritera rakyat daerah Nusa Tenggara Timur. Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah, Jakarta.

[img]
Preview
Text
CERITA RAKYAT DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (38MB) | Preview

Abstract

Ceritera Rakyat mempunyai arti yang tersendiri dan sangat penting dalam kehidupan mereka. Karena ceritra rakyat ini banyak sekali mengandung nilai-nilai yang bersifat sakral, magis, pendidikan, dan norma-norma tertentu.
Pada masa lampau ceritra rakyat ini merupakan salah satu alat penyampaian kebudayaan dari generasi ke generasi berikutnya. Namun masa kini dengan kemajuan teknologi begitu cepat sehingga nilai-nilai baru dari luar lingkungan kebudayaannya memengaruhi pertumbuhan nilai-nilai lama yang bersifat tradisional. Harus pula diakui bahwa tidak semua unsur tradisional itu membawa pengaruh positif dalam pertumbuhan kebudayaan, tetapi banyak juga hal-hal yang menghambat perkembangan masyarakat. Kini ceritra rakyat kurang mendapat tempat yang baik di hati generasi muda. Padahal golongan tua yang menguasai ceritra rakyat sudah sangat berkurang, dan ini jelas terlihat di daerah Nusa Tenggara Timur.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Cerita rakyat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:11
Last Modified: 20 Nov 2023 02:11
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29613

Actions (login required)

View Item View Item