Masduki, Aam, dkk (2013) Bunga rampai "diakronis dan sinkronis". Balai Pelestarian Nilai Budaya Bandung, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bandung. ISBN 9786029957921

[img]
Preview
Text
BUNGA RAMPAI DIAKRONIS DAN SINKRONIS.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (60MB) | Preview

Abstract

Indonesia dikenal dengan sebutan masyarakat yang bersifat majemuk, masyarakat yang terdiri atas berbagai suku bangsa yang disatukan oleh adanya sistem politik nasional atau dapat disebut sebagai budaya nasional. Hal ini berkaitan dengan simbol-simbol politik nasional yang digunakan untuk mengatur interaksi masyarakatnya adalah bersifat aturan, norma, moral, dan nilai yang tercakup dalam simbol negara yaitu Pancasila. Suku bangsa-suku bangsa yang ada tersebut tetap memelihara kebudayaan serta adat istiadatnya masing-masing dan mendiami lokasi wilayah yang merupakan wilayah budaya masing-masing suku bangsa tersebut.
Tentu saja menilik dari pembentukan masyarakat majemuk ini, suku bangsa-suku bangsa tersebut telah ada terlebih dahulu dan telah mengalami sejarah perkembangan secara waktu ke waktu. Kemudian dalam konteks masyarakat, suku bangsa yang ada tersebut mempunyai adat istiadat yang khas, yang unsur-unsur kebudayaannya saling memengaruhi di dalam suku bangsa yang bersangkutan. Tulisan dalam bunga rampai ini bertema "Diakronis dan Sinkronis Kemajemukan Masyarakat Indonesia".

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Jawa Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:37
Last Modified: 18 Dec 2023 04:37
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29588

Actions (login required)

View Item View Item