Sukarso, Ekodjatmiko and Suyanto, Suyanto (2007) Model media pendidikan inklusi. Suplemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif . Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, Jakarta.

[img]
Preview
Text
MODEL MEDIA PENDIDIKAN INKLUSI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (10MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka mensukseskan program Wajib Belajar dan perwujudan hak azasi manusia, layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) perlu lebih ditingkatkan.

Selama ini pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus lebih banyak diselenggarakan secara segregasi di Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB). Sementara itu lokasi SLB dan SDLB pada umumnya berada di lbu kota kabupaten, padahal anak-anak berkebutuhan khusus banyak tersebar hampir di seluruh daerah (Kecamatan/Desa). Akibatnya sebagian anak berkebutuhan khusus tersebut tidak bersekolah karena lokasi SLB dan SDLB yang ada jauh dari tempat tinggalnya, sedangkan sekolah umum belum memiliki kesiapan untuk menerima anak berkebutuhan khusus karena merasa tidak mampu untuk memberikan pelayanan kepada ABK di sekolahnya.

Untuk itu perlu dilakukan terobosan dengan memberikan kesempatan dan peluang kepada anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidilkan di sekolah umum (SD/Ml, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK), yang disebut "Pendidikan lnklusif". Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam implementasi pendidikan inklusif, maka pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa menyusun naskah "Prosedur Operasi Standar Pendidikan lnklusif."

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Pendidikan Khusus > Pendidikan Inklusif
Divisions: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah > Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 01 Dec 2023 04:06
Last Modified: 01 Dec 2023 04:06
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29554

Actions (login required)

View Item View Item