Rusyana, Yus and Wirasasmita, Sutardi (1981) Kemampuan bahasa Indonesia siswa sekolah pendidikan guru negeri di Jawa Barat: mendengarkan dan berbicara. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Jakarta.

[img]
Preview
Text
KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA SISWA SPGN DI JABAR-MENDENGARKAN DAN BERBICARA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (36MB) | Preview

Abstract

Pada pertengahan kedua abad kedua puluh terjadi perubahan dalam pengajaran bahasa sebagai akibat penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada pengajaran bahasa, seperti tampak dalam penyiapan bahan pelajaran berdasarkan analisis ilmu linguistik, prinsip-prinsip pemberian pelajaran yang tersusun, penggunan laboratorium bahasa, tes yang teratur, dan lain-lain. Di bidang pengajaran bahasa Indonesia pun tentulah ada usaha-usaha menuju kepada kemajuan itu. Dalam usaha demikian terdapat berbagai rintangan yang meminta pemecahan, di antaranya banyak yang meminta pemecahan melalui penelitian.
Penelitian yang dilakukan ini kiranya dapat dihubungkan dengan keperluan seperti dikemukakan di atas. Penelitian yang bertujuan menggambarkan dan menilai kemampuan berbahasa Indonesia siswa SPG, kiranya akan dapat memberikan bahan pertimbangan untuk keperluan memajukan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah sekolah pendidikan guru, khususnya di beberapa SPG Jawa Barat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Bahasa dan Kesusatraan > Penelitian Bahasa dan Sastra
Divisions: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 12 Dec 2023 06:41
Last Modified: 12 Dec 2023 06:41
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29514

Actions (login required)

View Item View Item