Rosmana, Tjetjep and P., Suwardi Alamsyah and Heryana, Agus and Purnama, Yuzar and T., Ria Intani and Nisfiyanti, Yanti (2004) Bentuk dan isi ungkapan tradisional yang mengandung kepemimpinan di Kabupaten Sumedang. Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Bandung.

[img]
Preview
Text
BENTUK DAN ISI UNGKAPAN TRADISIONAL YANG MENDUKUNG KEPEMIMPINAN DI KAB. SUMEDANG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (15MB) | Preview

Abstract

Ungkapan tradisional yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang (sastra dan tradisi lisan), bahkan folklor, khususnya folklor lisan, pada dasarnya berisi pesan-pesan. Oleh karena itu, William R. Bascom yang dikutip oleh James Danandjaja mengatakan bahwa ungkapan tradisional mempunyai 4 fungsi, yaitu : (1) sebagai sistem proyeksi, (2) sebagai alat pengesahan pranata-pranata dan lembaga-lembaga kebudayaan, (3) sebagai alat pendidik anak, dan (4) sebagai alat pemaksa dan pengawas agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota kolektifnya.
Melihat fungsinya yang sarat dengan pesan-pesan atau petuah-petuah itu, kelestariannya menjadi sangat penting. Masalahnya adalah apa yang disebut sebagai ungkapan tradisional itu kini cenderung dilupakan orang. Keadaan ini jika dibiarkan begitu saja bukan hal yang mustahil suatu saat kita akan kehilangan salah satu khasanah budaya yang sangat erat kaitannya dengan ketertiban dan atau keteraturan suatu masyarakat. untuk itu, Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Lampung, melalui tenaga fungsionalnya perlu melakukan pengkajian tentang ungkapan tradisional yang ditumbuh-kembangkan oleh masyarakat yang ada di wilayah kerjanya. Pada kesempatan ini adalah ungkapan yang ditumbuh - kembangkan oleh masyarakat etnik Sunda yang berada di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Jawa Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:13
Last Modified: 11 Dec 2023 03:13
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29498

Actions (login required)

View Item View Item