Soelarto, B. (1983) Album wayang beber Pacitan, Yogyakarta: album of wayang beber from Pacitan and Yogyakarta. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text
ALBUM WAYANG BEBER PACITAN,YOGYAKARTA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (198MB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis wayang nusantara yang sekarang sudah langka ialah wayang beber. Wayang beber ialah sejenis wayang wayang nusantara yang pertunjukkannya tidak berupa pertunjukan bayangan, tetapi berupa pertunjukan gambar. Karena yang dipertunjukkan ialah rangkaian gambar yang dilukis di panik kertas berukuran segi empat memanjang, maka panil kertas itu dapat digulung dan dibentang. Rangkauan gambar itu, melukiskan urutan adegan dari sesuatu lakon. Dan sesuatu lakon terdiri atas beberaoa babak. Setiap babak terdiri atas beberaoa adegan yang dilukis di atas gulungan panil kertas.
Wayang beber dipertunjukkan dengan cara membentang gulungan panil kertas dari adegan yang satu ke adegan berikutnya. Setiap adegan itu, diuraikan oleh dalang. Melalui cerita dalang itulah, para penonton akan dapat mengerti peristiwa-peristiwa yang terjadi pada setiap adegan secara berurutan. Lewat cerita dalang daru babak awal hingga babak akhir, para penonton akan dapat mengikuti seluruh jalan cerita dari sesuatu lakon.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Wayang
Pendidikan > Kebudayaan > Sejarah Indonesia
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:11
Last Modified: 06 Dec 2023 06:11
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29481

Actions (login required)

View Item View Item