Nurhadi, Gendro (1996) Ajaran organisasi penghayat kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa: hidup betul. Proyek Inventarisasi Kepercayaan terhadap Tuhan YME, Jakarta.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi tentang ajaran organisasi penghayat kepercayaan Hidup Betul)
AJARAN ORGANISASI PENGHAYAT KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YME HIDUP BETUL.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pola dasar ajaran Organisasi Hidup Betul adalah percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melalui pola dasar keyakinan atau kepercayaan bahwa Tuhan maha benar dan sumber dari
segala-galanya tersebut kemudian berkembang pada kehidupan sosial masyarakat yang saling pengaruh memengaruhi. Berawal dari keyakinan pada Tuhan dan hubungan masyarakat tersebut kemudian timbul pengertian hubungan timbal balik, baik antara manusia dengan Tuhan atau sebaliknya dan hubungan antara individu dalam masyarakat. Berpijak pada pengertian hubungan timbal balik tersebut sehingga timbul pengertian antara Tuhan sebagai sumber semua yang ada dan yang diadakan harus selalu patuh pada yang mengadakan, terlebih yang mengadakan adalah berkuasa dan sumber segala kebenaran. Dari itulah maka manusia diadakan sehingga merasa berhutang pada yang mengadakan dan harus selalu berbakti pada yang menciptakan dirinya. Hubungan timbal batik yang sangat mutlak dan pasti adanya pengaruh merupakan pedoman awal manusia hidup dan tidak akan lepas dalam dirinya, maksud dirinya dapat manusia maupun Tuhan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Kepercayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 02 Feb 2024 00:53
Last Modified: 02 Feb 2024 00:53
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29453

Actions (login required)

View Item View Item