Radjijati, Radjijati and Arief, Suwondo (1997) Upacara tradisional labuhan di Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Jawa Timur, Surabaya.

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi tentang penjelasan upacara tradisional labuhan di Pantai Ngliyep)
UPACARA TRADISIONAL LABUHAN DI PANTAI NGLIYEP DESA KEDUNGSALAM.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB) | Preview

Abstract

Upacara Tradisional Labuhan di Pantai Ngliyep Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, adalah merupakan salah satu dari sekian banyak bentuk pernyataan kebudayaan yang hidup dan berkembang di bumi Indonesia. Upacara ini sudah dilakukan sejak lama, yaitu sejak seorang tokoh dan cakal bakal masyarakat Desa Kedungsalam yang dikenal dengan sebutan Mbah Atun masih hidup.
Sampai saat sekarang, Upacara Labuhan di Pantai Ngliyep ternyata masih tetap mendapat tempat yang baik dalam kehidupan budaya masyarakat, terutama masyarakat daerah Jawa Timur. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang hadir setiap kali upacara tersebut diselenggarakan. Sebagian di antara pengunjung itu, ada yang hanya menempatkan diri sebagai penonton, tetapi juga banyak yang melibatkan diri di dalamnya.
Penyelenggaraan Upacara labuhan di Pantai Ngliyep, antara lain mempunyai tujuan untuk menghormati tokoh mitos penguasa laut Selatan yaitu Mbok Nyai Ratu Mas. Tokoh Mitos ini oleh sebagian masyarakat Kedungsalam dianggap dapat mendatangkan keselamatan dan ketentraman, tetapi juga sebaliknya, artinya dapat mendatangkan mala petaka. Oleh karena itu, setiap tahun sekali, sebagian warga masyarakat Kedungsalam memberikan persembahan sesaji kepada Mbok Nyai Ratu Mas.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:40
Last Modified: 01 Feb 2024 06:40
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29427

Actions (login required)

View Item View Item