Rohana, Sita (2008) Upacara tradisional melayu siak: nilai-nilai dan perubahannya. Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional, Tanjungpinang. ISBN 978-979-1 281-22-5

[img]
Preview
Text (Buku ini berisi tentang penjelasan upacara tradisional Melayu Siak)
UPACARA TRADISIONAL MELAYU SIAK- NILAI-NILAI DAN PERUBAHANNYA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (25MB) | Preview

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang bergantung pada interaksi dengan pihak lain dalam upayanya menjaga kelangsungan hidupnya. Pihak lain itu adalah Sang Pencipta, sesama manusia, dan lingkungan sekitarnya. Keharmonisan hubungan vertikal (dengan Sang Pencipta) dan horizontal harus selalu terjaga untuk menjamin kehidupan yang tenteram dan damai. Salah satu upaya menjaga keharmonisan hubungan-hubungan ini adalah melalui upacara tradisional. Upacara tradisional merupakan bagian penting dalam kehidupan sebuah masyarakat karena berakar pada kepercayaan yang dianut masyarakat tersebut.

Upacara tradisional merupakan bentuk ekspresi budaya yang merangkum unsur-unsur keagamaan dan kepercayaan yang berkembang dalam suatu masyarakat. Dalarn masyarakat Melayu di Siak, yang menjadi obyek sekaligus subyek penelitian ini, upacara tradisional yang dipaparkan ken tal dengan pengaruh Islam. Hal ini dapat dimaklurni karena Islam merupakan sendi penting dalam kebudayaan Melayu pada umumnya. Namun upacara tradisional ini dalam banyak hal juga belum menghilangkan nilai-nilai lokal setempat.

Buku yang diterbitkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Sita Rohana ini tidak hanya berguna sebagai inventarisasi upacara tradisional, namun sekaligus merupakan sebuah kajian kebudayaan yang penting untuk melihat bagaimana perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Penelitian ini mengungkap sikap-sikap masyarakat yang merupakan wadah suatu kebudayaan terhadap praktik upacara tradisional mereka yang kemudian menghasilkan bentuk ekspresi baru yang dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Kepulauan Riau
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 01 Feb 2024 05:20
Last Modified: 01 Feb 2024 05:20
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29407

Actions (login required)

View Item View Item