Setiawan, Irvan and Rosyadi, Rosyadi and R., Enden Irma and Ramadhan, Moch. Arif and Hermansyah, Denny and Nurhayati, Deti and Choliludin, Rizky Sya'ban Upacara Seren Taun pada masyarakat Kasepuhan Ciptagelar di Sukabumi. Perlindungan Ekspresi Keragaman Budaya . Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text
UPACARA SEREN TAUN PADA MASYARAKAT KESEPUHAN CIPTAGELAR DI SUKABUMI.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (71MB) | Preview

Abstract

Terlepas dari pergerakan yang cepat dari budaya modern, budaya tradisional mencoba untuk bertahan dengan melakukan strategi "tambal sulam" untuk mengantisipasi berpindahnya pendukung ke budaya modern. lstilah "tambal sulam" memang terdengar kasar karena dapat diibaratkan sebuah pakaian yang penuh dengan kain-kain perca untuk menambal bagian-bagian yang telah lapuk. Walaupun demikian, pakaian hanyalah sebuah asesoris yang membungkus tubuh yang akan terus berupaya tetap hidup mengikuti pola-pola kchidupan terbaik sebagai hasil pewarisan dari generasi pendahulunya.

Budaya tradisional yang salah satunya diwujudkan dalam Upacara Seren Taun pada masyarakat Kasepuhan Ciptagelar telah membuktikan bahwa meskipun dianggap sudah "lapuk" namun terdapat nilai dan makna luhur yang terkandung dalam setiap setiap tahap upacara. Keluhuran yang berjalan pada tatanan hubungan harmonis antara manusia dcngan manusia, manusia dengan lingkungan alam, dan manusia dengan sang pencipta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskripsi analisis untuk mencoba menggali dan menelaah Upacara Seren Taun baik dalam konteks kehidupan religi, individu, dan sosial serta perubahan yang terjadi pada bcbcrapa tahapan upacara.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Panen, padi, Sunda, Jawa Barat, pertanian, petani, peladang, penyimpanan padi, lumbung
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Jawa Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:05
Last Modified: 25 Jan 2024 05:05
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29390

Actions (login required)

View Item View Item