Refisrul, Refisrul (2008) Rumah limas Palembang: konsep tata ruang dan pengaruh Jawa. Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Padang, Padang. ISBN 9789799388834

[img]
Preview
Text
RUMAH LIMAS PALEMBANG KONSEP TATA RUANG DAN PENGARUH JAWA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (21MB) | Preview

Abstract

Setiap masyarakat atau suku bangsa memiliki bentuk rumah tradisional yang arsitektur dan tata ruangnya mengacu kepada budaya aslinya. Artinya, rumah tradisional (adat) suatu masyarakat pada dasarnya mencerminkan budaya atau struktur sosial yang berlaku pada masyarakat bersangkutan, serta bentuk adaptasi masyarakat tersebut dengan lingkungannya. Sehingga, dengan mengetahui lebih jauh tentang rumah tradisional suatu masyarakat sangat membantu dalam rangka memahami budaya mereka sehari-hari.
Rumah Limas, sebagai rumah tradisional (adat) yang terdapat dalam kehidupan masyarakat Palembang dengan sendirinya merupakan gambaran kebudayaannya. Ciri-ciri dari rumah limas itu adalah; 1) Atapnya berbentuk limas, 2) Badan rumah berdinding papan, dengan pembagian ruangan yang telah ditetapkan (standart) dan bertingkat-tingkat (kekejing), 3) Keseluruhan atap dan dinding serta lantai rumah bertopang atas tiang-tiang dan tertanam di tanah, dan 4) Mempunyai ornamen dan ukiran yang menonjolkan kharisma dan identitas rumah tersebut ( Hanafiah : 1991 ). Ciri-ciri tersebut sekaligus menjadi karakteristik dari rumah limas Palembang yang membedakannya dengan rumah tradisional lainnya di Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Rumah Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Sumatera Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:51
Last Modified: 21 Dec 2023 01:51
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29348

Actions (login required)

View Item View Item