Proyek Sasana Budaya, Proyek Sasana Budaya Arsitektur tradisional Minangkabau: rumah gadang. Pustaka Wisata Budaya . Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text
RUMAH GADANG.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (29MB) | Preview

Abstract

Di Minangkabau pada masa hidupnya kerajaan Minangkabau telah lahir pula suatu corak kebudayaan yang khas Minangkabau, karena hasil kebudayaannya itu hanya didukung oleh orang-orang Minangkabau. Hasil kebudayaan Minangkabau yang menonjol yang sampai kepada kita adalah adat-istiadat dan arsitektur rumah gadang, sebagai hasil kebudayaan materiilnya yang sekaligus mencerminkan kehidupan dan adat istiadat masyarakat Minangkabau yang sampai sekarang masih dapat disaksikan hidup dalam alam pikiran dan kehidupan di Minangkabau, walaupun telah melalui proses perobahan bersama perjalanan kurun waktu.
Bertitik tolak dari paham bahwa masyarakat itu selalu dalam perubahan, apakah perubahan itu cepat atau berlaku lambat secara berangsur-angsur, tetapi - perubahan terjadi - kata filsuf Herakleitos dan semuanya berubah, maka adat istiadat dan arsitektur bangunan rumah gadang merupakan peninggalan tidak tertulis yang sampai kepada kita, yang merupakan ciri dari kebesaran kebudayaan Minangkabau masa lalu. Betapapun perubahan itu terjadi, namun arsitektur bangunan rumah gadang yang dapat kita saksikan sekarang adalah merupakan pengaruh langgam bangunan masa lampau.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Rumah Tradisional
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 12 Dec 2023 09:00
Last Modified: 12 Dec 2023 09:00
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29347

Actions (login required)

View Item View Item