Tobing, Tunggul and Sinaga, Dannerius and Sitanggang, T. and Tanjung, Zuraida and Marpaung, Parlin and Siagian, Wilson and Gultom, Dj. (1991) Pola pengasuhan anak secara tradisional daerah Sumatera Utara. Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya, Medan.
|
Text (Buku ini berkaitan dengan kebudayaan daerah)
POLA PENGASUHAN ANAK SECARA TRADISIONAL DAERAH SUMATERA UTARA.pdf - Published Version Copyright All Rights Reserved Download (35MB) | Preview |
Abstract
Laporan Penelitian "POLA PENGASUHAN ANAK SECARA TRADISIONAL" adalah salah satu aspek dalam usaha perekaman kebudayaan daerah propinsi Sumatera Utara melalui Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Depdikbud Tahun 1989/1990. Kebudayaan di Indonesia, terutama kebudayaan daerah menunjukkan keanekaragaman di samping kesamaan. Keadaan ini tentunya tercermin pula dalam pola pengasuhan anak secara tradisional yang berbeda bentuknya pada tiap keluarga dari setiap suku bangsa. Ada cara-cara atau mekanisme tertentu dalam tiap masyarakat untuk mempelajari kebudayaannya guna mempersiapkan warga yang baru dalam masyarakat yang memiliki sikap dan keterampilan sehingga berkemampuan memainkan peranan sosialnya sesuai dengan kedudukannya kelak dalam masyarakat. Salah satu proses belajar kebudayaan itu adalah pengasuhan anak. Pengasuhan anak bagian yang paling penting dan mendasar karena fungsinya untuk mempersiapkan anak menjadi warga masyarakat. Pada pengasuhan anak tersebut meliputi proses pendidikan, mengajarkan aturan-aturan dan disiplin serta sopan santun, memberi pengetahuan tentang sex serta bagaimana sikap dan keterampilan serta. peranan anak sesuai dengan jenis kelaminnya serta kebiasaan-kebiasaan lainnya.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kebudayaan > Nilai Budaya Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan |
Divisions: | Direktorat Jenderal Kebudayaan |
Depositing User: | Sekretariat Ditjen Kebudayaan |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 01:39 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 01:39 |
URI: | http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29308 |
Actions (login required)
View Item |