Melati, Anastasia and Minarni, Anggi and Nugrahani, D.S. and Rahmi, Dwita Hadi and Wijoyono, Elanto and Salim, Hairus and Gombloh, Joko and Adishakti, Laretna T. and Hadiwinoto, Suhadi (2010) Pendidikan pusaka Indonesia: panduan untuk guru sekolah dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pusat Kurikulum, Jakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN PUSAKA INDONESIA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (84MB) | Preview

Abstract

Pusaka dan pelestarian merupakan suatu kesatuan yang tak terpisahkan. Pusaka sangat penting untuk dilestarikan dan diteruskan bagi generasi mendatang. Upaya pelestarian ini
membutuhkan peran serta berbagai pihak bahkan mulai dari anak-anak. Sejak dini anak-anak perlu mengenal dan memahami pusaka, keragamannya, dan kebutuhan pelestarian bagi pusaka-pusaka tersebut termasuk peran serta mereka dalam upaya pelestarian ini.
Adalah menjadi tantangan, karena kenyataan lapangan menunjukkan pelestarian pusaka belum menjadi bagian yang penting baik dalam kehidupan sehari-hari masyarakat maupun pembangunan. Terlihat banyak pohon dibabat semena-mena dengan dalih pembangunan. Bangunan pusaka diabaikan bahkan dihancurkan demi konstruksi baru yang dianggap lebih menjanjikan secara ekonomi. Atau beberapa seni tradisi yang semakin sulit dicari ahlinya, dan masih banyak lagi pusaka-pusaka yang terlantar, terusik maupun terusak.
Apalagi dengan adanya bencana alam yang menghancurkan pusaka-pusaka yang berharga dan menemui banyak kesulitan untuk memperbaikinya. Tantangan lain yang dihadapi adalah tidak banyak buku acuan tentang pelestarian pusaka yang dapat dipergunakan dalam memberikan pembelajaran bagi anak-anak bahkan juga bagi masyarakat umum.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Penelitian dan Pengembangan
Pendidikan > Guru dan Tenaga Kependidikan
Divisions: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan > Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:19
Last Modified: 23 Nov 2023 05:19
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/29177

Actions (login required)

View Item View Item