Kartiwa, Suwati (1986) Pameran wanita dari masa ke masa. Museum Nasional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

[img]
Preview
Text
PAMERAN WANITA DARI MASA KE MASA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (33MB) | Preview

Abstract

Brosur yang mengiringi pameran "Wanita dari Masa ke Masa", menguraikan aspek-aspek kehidupan wanita secara umum, baik di kalangan masyarakat pedesaan maupun wanita yang pernah memegang peranan dalam pemerintahan abad X - IX. Ilustrasi disajikan menurut kurun waktu dalam sejarah dengan menggunakan sumber-sumber tertulis dan berorientasi pada materi koleksi yang ada di Museum nasional. Uraian tentang kehidupan wanita dalam keluarga, rumah tangga dan dalam kehidupan masyarakat pada umumnya, diawali dengan penjelasan tentang pembagian kezja antara laki-laki dan perempuan menurut ketentuan sosial-budaya suatu masyarakat. Kehidupan di dalam kehidupan keluarga yang terpenting adalah pengasuhan dan pendidikan anak. Sedangkan kehidupan masyarakat pada umumnya, kehidupan dalam keluarga dan rumah
tangga, berorientasi pada pengolahan hasil pertanian, pangan, dan pengenalan pada benda-benda yang ada sekitar peralatan dapur dan rumah tangga. Uraian berikutnya mengungkap tabir sekitar upacara-upacara adat yang berhubungan dengan lingkaran kehidupan atau daur hidup.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Museum
Pendidikan > Kebudayaan > Seni rupa
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Museum Nasional
Direktorat Jenderal Kebudayaan > Museum Nasional
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:49
Last Modified: 10 Jan 2024 04:49
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28854

Actions (login required)

View Item View Item