Direktorat Pembinaan Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Direktorat Pembinaan Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi (2014) Buku petunjuk teknis bantuan sosial revitalisasi desa adat. Direktorat Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Jakarta.

[img]
Preview
Text
BUKU PETUNJUK TEKNIS BANTUAN SOSIAL REVITALISASI DESA ADAT.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (9MB) | Preview

Abstract

Desa-desa adat sebagai warisan budaya yang aktif dan masih ada hingga saat ini (living heritage) merupakan kekayaan budaya Indonesia. Keberadaan desa adat sebagai pewaris, pelestari sekaligus pelaku aktif kearifan-kearifan lokal, sangat potensial dalam mempertahankan identitas budaya serta membangun kesadaran akan keberagaman budaya di Indonesia. Demikian, desa adat merupakan bagian dari kekayaan bangsa yang wajib dilestarikan dan salah satu upaya pelestariannya adalah dengan melakukan revitalisasi.
Desa adat ditandai dengan adanya sekelompok orang yang berada pada wilayah hidup tertentu, dengan sistem aktivitas ekonomi yang seragam serta adanya keterikatan genealogis. Selain itu, desa adat juga memiliki prinsip hidup, pola interaksi berkelanjutan dalam aktivitas sehari-hari, serta memiliki seperangkat aturan, baik tertulis maupun tidak tertulis yang dipatuhi bersama.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 12 Dec 2023 09:06
Last Modified: 12 Dec 2023 09:06
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28674

Actions (login required)

View Item View Item