Rostiyati, Ani, dkk (2012) Arsitektur tradisional rumah masyarakat kampung Wana di Lampung Timur. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bandung, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Bandung.

[img]
Preview
Text
ARSITEKTUR TRADISIONAL RUMAH MASYARAKAT KAMPUNG WANA DI LAMPUNG TIMUR.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (65MB) | Preview

Abstract

Rumah tradisional masyarakat Kampung Wana di Lampung Timur adalah peninggalan kebudayaan yang masih bisa ditemui meski telah berusia nyaris ratusan tahun. Rumah panggung ini tegak menantang zaman merasakan terpaan matahari dan guyuran hujan serta tak terhitung goyangan gempa yang membuatnya menari.
Rumah panggung dibuat dengan alasan multifungsi yaitu bentuknya yang tinggi untuk menghindari serangan binatang buas dan ruang bawahnya berguna untuk menyimpan hasil kebun semisal cengkeh atau lada. Pembangunan rumah panggung terus berlangsung setidaknya sampai tahun 1970an. Setelah itu, perlahan tapi pasti rumah-rumah tradisional masyarakat Kampung Wana satu demi satu runtuh karena materialnya tak lagi tersedia. Beberapa rumah panggung berubah menjadi rumah beton berbahan semen pasir dan berlantai keramik. Namun sebagian besar, rumah tradisional di Kampung Wana masih tetap bertahan.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Rumah Tradisional
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Jawa Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:22
Last Modified: 11 Dec 2023 02:22
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28602

Actions (login required)

View Item View Item