Sanggenafa, Naffi and Warip, Markus and Putra, Transna and Hafisrianda, Yundi (1995) Dampak pembangunan pasar terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat di daerah Irian Jaya. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jayapura.

[img]
Preview
Text
DAMPAK PEMBANGUNAN PASAR TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak dari pembangunan pasar terhadap kebudayaan-kebudayaan daerah, salah satunya di Koya Tengah, Desa Koya Timur, Kecamatan Abepura, Kabupaten Jayapura. Penelitian ini lebih menitikberatkan pada dampak kehadiran pasar dalam kehidupan masyarakat etnis Ngalum di Koya Tengah. Orang Ngalum datang ke Koya Tengah dengan dasar
pemikirannya sendiri yakni untuk meningkatkan kualitas hidup
yang lebih baik dari yang pernah dialaminya semasa mereka
masih hidup di kota Jayapura sebagai buruh toko, buruh bangunan dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana dampak dari pasar terhadap kehidupan orang Ngalum. Karena mereka adalah peladang-peladang tradisional dan sampai saat ini di lokasi ini masih melakukan aktivitas ekonomi secara tradisional, maka dampaknya ada hubungan dengan aktivitas ekonomi dan dikaititkan dengan kehadiran pasar sebagai tempat penyaluran dari hasil produksi perladangan mereka. Jadi yang menjadi kajian utama adalah aktivitas ekonomi tradisional, baik produksi, distribusi maupun konsumsi.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:17
Last Modified: 27 Nov 2023 02:17
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28598

Actions (login required)

View Item View Item