Purba, Juniar and Hendraswati, Hendraswati and Sulistiorini, Pembayun and Nurcahyani, Lisyawati (2006) Orang Kantuk di Bika Kecamatan Manday Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Pontianak, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Pontianak.

[img]
Preview
Text
ORANG KANTUK DI BIKA KEC. MANDAY KAB. KAPUAS HULU.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (31MB) | Preview

Abstract

Orang Kantu', begitu biasanya orang menyebut masyarakat subsuku Dayak Kantu' yang bermukim di sebagian kecil wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Propinsi Kalimantan Barat. Meskipun Subsuku Dayak Kantuk ini hanya merupakan sebagian kecil dari banyaknya subsuku Dayak yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu, namun mereka memiliki persebaran yang sangat luas di banyak aliran sungai yang menyebar di kabupaten ini, seperti : Kec. Silat Hilir, Semitau, Seberuang, Empanang, Bunut Hilir, Embaloh Hilir, Mandai, Kedamin dan Kec. Kapuas Hulu.

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa orang Kantu' di Kabupaten Kapuas Hulu ini pemukimannya saling berjauhan satu sama lain, menghuni sepanjang aliran-aliran sungai. Pada saat ini mereka sudah berlainan wilayah (kecamatan). Sehingga apabila ditanyakan berapa jumlah populasi orang Kantu, saat ini, akan susah diketahui. Yang jelas, bahwa jumlah populasi orang Kantuk jauh lebih banyak dibanding dengan jumlah populasi subsuku lain yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu seperti subsuku Dayak lban, Embaloh, Taman dan sebagainya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Penelitian kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Kalimantan Barat
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:56
Last Modified: 08 Jan 2024 03:56
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28544

Actions (login required)

View Item View Item