Tanudirjo, Daud Aris and Pane, Sari Fariyanti and Hapsari, Ratna and Supriadi, Dedi Adhuri (2012) Laporan kajian penyusunan grand design ensiklopedi kebudayaan Indonesia 2012. Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN KAJIAN PENYUSUNAN GRAND DESIGN ENSIKLOPEDIA KEBUDAYAAN 2012.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (73MB) | Preview

Abstract

Dalam sejarah Bangsa Indonesia, tidak berbeda jauh dengan bangsabangsa lain, terutama bangsa pasca-kolonial lainnya, upaya memajukan kebudayaan terpaut pengembangan media untuk menyampaikan hasil kegiatan ilmiah sebagai bukti pencapaian kemajuan kebudayaan, yang seringkali berjalan tidak dalam koridor birokrasi pemerintahan (misalnya penerbitan monografi Candi Borobudur abad ke-19, restorasi Candi Siwa awal abad ke-20, dan juga restorasi tahap kedua Candi Borobudur awal a bad ke-21).

Dua hal yang melandasi pencapaian kemajuan kebudayaan tersebut adalah teknologi dan semangat menggali pengetahuan tentang kebudayaan, yang kini masih dimiliki oleh UPT Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Balai Arkeologi di bawah Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah diusahakan agar berkembang bersama-sama, dan telah pula mengarah kepada pelayanan publik yang semakin baik, namun belum mendorong tumbuh dan berkembangnya semangat menggali pengetahuan tentang kebudayaan di kalangan Remaja (usia 15-19 tahun) dengan teknologi informasi dan komunikasi (INFOKOM) yang mereka miliki, atau, dengan kata lain, belum menyentuh dimensi kesinambungan dalam upaya memajukan kebudayaan nasional

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud
Pendidikan > Kebijakan Umum Kemendikbud > Panduan/Pedoman
Pendidikan > Kebudayaan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 05 Jan 2024 05:15
Last Modified: 05 Jan 2024 05:15
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28537

Actions (login required)

View Item View Item