Satyananda, I Made and Armini, I Gusti Ayu and Putra, I Ketut Sudharma (2015) Kecimol seni kolaborasi kajian bentuk fungsi dan nilai di Lombok. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, Denpasar. ISBN 9786023560400

[img] Text
KECIMOL SENI KOLABORASI KAJIAN BENTUK FUNGSI DAN NILAI DI LOMBOK.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (31MB)

Abstract

Kecimol merupakan salah satu seni musik yang cukup populer di kalangan masyarakat Sasak yang ada di pulau Lombok. Seni musik ini mendapat tempat di kalangan masyarakat Sasak khususnya di kalangan generasi muda. Dewasa ini musik kecimol sudah banyak mengalami perkembangan, jika dibandingkan dengan awal kemunculannya di era tahun 80-an. Sebagai salah satu seni kolaborasi masyarakat Sasak, kesenian ini umumnya dipentaskan dalam rangkaian tradisi nyongkolan atau khitanan.
Diharapkan kehadiran buku ini dapat menggugah semangat generasi muda Sasak dalam upaya melestarikan kecimol sebagai salah satu warisan budaya leluhur. Melalui buku ini diharapkan masyarakat Sasak di Pulau Lombok lebih mengenal dan mencintai salah satu kesenian tradisional Sasak. Kecimol akan mampu bertahan, apabila generasi muda sebagai pewarisnya mau dan bangga dengan seni budaya daerahnya.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan > Alat Musik Tradisional
Pendidikan > Kebudayaan > Seni dan Kesenian
Pendidikan > Kebudayaan > Seni pertunjukkan
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Bali
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:18
Last Modified: 20 Dec 2023 02:18
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/28036

Actions (login required)

View Item View Item