Hasbullah, Hasbullah and Lestari, Titit and Setyantoro, Agung Suryo and Sembiring, Sri Alem and Rusdi, Piet and Hermaliza, Essi and Harvina, Harvina and Armanda, Lucky (2008) Buletin Haba nomor 47 tahun 2008: organisasi sosial masyarakat dalam tinjauan budaya. Buletin Haba (47). pp. 1-49. ISSN 1410-3877

[img] Text (Informasi Sejarah dan Budaya Aceh-Sumut)
2008-Haba 47.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (5MB)

Abstract

Organisasi sosial merupakan salah satu unsur budaya bersifat universal yng dapat ditemukn di hampir semua komunitas manusi di dunia sehingga organisasi sosil ini merupakan salah satu unsur yang memungkinkan suatu komunitas atau budaya tetap ada. Dengan demikian, hal ini berarti eksistensi organisasi sosial turut juga menentukan eksistensi komunitas dan budaya itu sendiri. Untuk itu, pemahaman tentang organisasi sosial suatu komunits menjadi sangat penting bagi pemahaman sebuah komunitas beserta budayanya.
Pemikiran hal tersebut diatas menjadi landasan bagi usaha-usaha identifikasi organisasi sosial lokal yang ada di Nagnggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara. Diharapkan Pembangunan sebuah komunitas dan pembangunan kebudayaan di kedua wilayah tersebut menjadi relatif lebih cepat dan mudah karena identifikasi oraganisai sosial sudah dilakukan.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Kearifan lokal
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan > Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan > BPNB Aceh
Depositing User: Nurmila Khaira
Date Deposited: 08 Dec 2023 05:23
Last Modified: 08 Dec 2023 05:23
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27810

Actions (login required)

View Item View Item