Mutia, Riza and Rony, Aswil and Akbar, Ali (2000) Upacara adat perkawinan di Padang Pariaman. Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Barat, Padang.

[img] Text
Upacara Adat Perkawinan di Padang Pariaman.pdf - Published Version
Copyright All Rights Reserved

Download (26MB)

Abstract

Padang Pariaman, salah satu Kabupaten di Propinsi Sumatera Barat yang berada di bagian barat menghadap Laut /Samudera Indonesia Kabupaten Padang Pariaman termasuk daerah dataran rendah yang subur, serta banyak dilalui sungai yang berasal dari pedalaman. Datarannya yang luas dan tanahnya yang subur dengan curah hujan yang cukup maka daerah ini banyak ditanami pohon kelapa, cengkeh, kulit manis, padi, dan jenis tanaman palawija lainnya.
Mengenai sejarah dan sosial budaya masyarakat Padang Pariaman, baik sistem kekerabatan, ada1 istiadat, agama dan kesenian tidak banyak berbeda dengan daerah lainnya di Sumatera Barat.
Dalam perkembangan sejarah Sumatera Barat/Minangkababu. daerah pantai barat Sumatera Barat ini memegang peranan penting pada masa lalu yaitu sebagai pintu perhubungan kontak dengan dunia luar Daerah Tiku, Pariaman, Paianan dan lndrapura merupakan kota pelabuhan tempat keluar masuknya barang dagangan serta kontak budaya dengan bangsa asing.

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan > Kebudayaan
Pendidikan > Kebudayaan > Masyarakat Adat
Pendidikan > Kebudayaan > Warisan budaya
Divisions: Direktorat Jenderal Kebudayaan
Depositing User: Sekretariat Ditjen Kebudayaan
Date Deposited: 12 Jan 2024 05:17
Last Modified: 12 Jan 2024 05:17
URI: http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/27747

Actions (login required)

View Item View Item